Kata Eject pasti sering Kamu dengar atau sering Kamu lakukan saat memasukkan atau menyingkron data kartu memori ataupun flashdisk ke komputer.
Eject, hal yang sering Kamu lakukan ini apakah sebenarnya mengetahui apa sebenarnya fungsi dari Eject tersebut…?
Apa hanya sekedar mengikuti kata orang saja…?

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba share, apa sih sebenarnya fungsi dari Eject tersebut kok hampir semua orang sering menyarankan untuk melakukannya sebelum kembali mencabut kartu memori ataupun flashdisk saat selesai menyingkron data dari komputer.

Nah berdasarkan dari arti kata Eject yang diterjemahkan dari Bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, Eject mempunyai arti yaitu mengeluarkan.
Lantas apa hubungannya eject dengan kartu memori atau Flashdisk…?

Eject atau mengeluarkan ini pada dasarnya adalah berfungsi untuk memberhentikan dahulu data, layanan, ataupun aplikasi yang dijalankan pada saat kartu memori atau flashdisk dimasukkan pada komputer sebelum mencabut atau mengeluarkannya kembali.
Seperti ibarat seorang pengendara sepeda motor yang sedang berjalan mengendarai sepeda motornya yang hendak berhenti, maka rem harus diinjak untuk kendaraan dapat berhenti. Jika pengendara diberhentikan orang secara tiba-tiba maka akan membahayakan pengendara dan dapat memicu terjadinya sesuatu yang diluar dugaan.
Nah maka dari itu Eject diperlukan sebelum mencabut kembali perangkat yang tersambung pada Komputer, guna untuk keamanan. Entah itu keamanan data yang tersimpan ataupun keamanan daya tahan perangkat Removable Disk Kamu.

Dengan sebuah postingan tentang fungsi Eject pada Microsoft Windows kali ini, semoga menjadi referensi bagi pembaca semua untuk mengenal apa sebenarnya fungsi Eject pada komputer, dan agar Kamu tidak sekedar melakukan tanpa tahu apa sebenarnya fungsi dari eject yang sering Kamu lakukan. Jika Kamu ada masukkan atau kritik maupun saran silahkan berkomentar di bawah.

Share :