VRAM atau Video RAM atau juga bisa diartikan sebagai Memory pada sebuah VGA memang merupakan hal yang menjadi bahan pertimbangan disaat kita hendak membeli sebuah perangkat GPU atau VGA. Besarnya kapasitas VRAM pada VGA memang sering menjadi Pro dan Kontra pada saat kita memilih sebuah VGA.

Beberapa Vendor VGA seperti Asus, Gigabyte, MSI, dan lain sebagainya memang sering memunculkan kapasitas yang berbeda pada sebuah VGA meskipun dengan tipe yang sama. Sebagai contoh GTX 750 Ti keluaran dari NVIDIA juga dikeluarkan dalam kapasitas VRAM 1GB dan kapasitas VRAM 2GB. Lantas sebenarnya apakah penting sebuah kapasitas VRAM pada VGA…? Sebelum Idwindows menyimpulkan, Kamu simak dulu contoh berikut.

GTX 750 Ti dengan kapasitas VRAM 1GB memainkan sebuah Game, katakanlah Game yang dimainkan adalah GTA V keluaran Rockstar. Namun, meskipun menggunakan VGA sekelas GTX 750 Ti setting yang bisa digunakan hanya setting Graphic normal, karena untuk setting High atau Ultra pada GTA V memerlukan VRAM sebesar 2GB. Padahal semestinya VGA GTX 750 Ti sangatlah mampu untuk memainkan GTA V dengan setting Ultra sekalipun.

Berbeda lagi jika Kamu memainkan Game GTA V dengan VGA GTX 750 Ti versi VRAM 2GB, maka setting Graphic Ultra bisa dijalankan. Padahal satu tipe VGA namun akan berbeda hasilnya jika digunakan.

Nah, dari contoh tersebut dapat dengan jelas disimpulkan bahwa sebuah VRAM pada VGA merupakan bagian yang juga penting untuk dipertimbangkan. Lalu bagaimana pendapat Kamu tentang besarnya kapasitas VRAM pada VGA…? Jangan lupa tinggalkan komentar Kamu di bawah.

Share :