RAM yang tidak terbaca penuh tentunya akan membuat pikiran kita menjadi sedikit terganggu. Seperti halnya kamu memasang RAM pada Komputer 4gb akan tetapi hanya terbaca 3.6xgb saja. Memang kalau kamu memiliki RAM 2gb atau 4gb kamu tidak merasa terganggu dengan kurangnya beberapa kapasitas memory tersebut. Tetapi bagaimana jika kamu hanya mempunyai 1gb RAM dan tidak terbaca penuh…?

Beberapa point yang menyebabkan RAM Kamu tidak terbaca penuh antara lain :

1. RAM 4GB atau lebih akan terbaca penuh pada Windows 64bit
Pastikan dulu apakah kamu menggunakan OS type Windows 64bit…? Untuk mengetahuinya silahkan cek pada “dxdiag” atau “My Computer”, bila dalam sytem type menunjukkan X86 maka dipastikan versi Windows adalah versi 32bit, jika sytem type menunjukkan X64 maka Windows 64bit.
Jika mempunyai RAM 4GB atau lebih tapi menggunakan Windows versi 32bit maka hal ini yang menjadi masalah RAM tidak akan terbaca penuh. Solusinya, Kamu harus mengganti atau menginstall ulang dengan Windows versi 64bit agar RAM terbaca secara penuh, dengan catatan Processor mendukung untuk versi Windows 64bit. Karena pada hardware lama belum tentu mendukung versi 64bit.

2. Digunakan Oleh Internal Graphic
Bila kamu sudah menggunakan Windows versi 64bit namun masih menggunakan Graphic Internal atau share VGA dari Motherboard ataupun Processor, maka hal tersebut yang menyebabkan RAM Kamu tidak akan terbaca secara penuh. Karena Memory RAM akan dishare dalam jumlah tertentu untuk Graphic agar Graphic dapat bekerja.
Solusinya (jika komputer) Kamu perlu menambah VGA agar RAM tebaca penuh serta untuk mendapat kinerja VGA yang maksimal. Namun jika Kamu menggunakan Netbook, Laptop dan sejenisnya, alangkah lebih baiknya Kamu membeli yang baru atau ditukar tambah juga bisa. 😀

3. Hardware rusak
Pastikan slot RAM motherboard dan RAM Kamu tidak ada masalah. Apabila sudah menginstall Windows 64bit dan mememasang VGA tapi RAM Kamu masih belum terbaca penuh maka Kamu perlu mengecek slot RAM pada Motherboard dan kondisi RAM. Jika Kamu menggunakan dual Memory Channel atau Memory Kit (RAM) coba balik RAM, sebagai contoh tadinya dislot 1 pindah slot 2, begitu dan sebaliknya. Jika menggunakan single RAM coba pindah pada slot yang lain pada Motherboard.

Berdasarkan beberapa pengalaman yang sering dialami, ketiga sumber masalah di atas yang akan membuat RAM Kamu tidak terbaca penuh.

Share :