Mempunyai komputer yang sedikit lamban tentu membuat kita sedikit harus bersabar untuk menjalankannya. Namun, lamban kinerja Komputer tidak selalu tergantung pada spesifikasi Hardware, perawatan OS dan Software juga menjadi salah satu faktor penentu.

Nah untuk mempercepat kinerja Windows Kamu memang perlu melakukan beberapa cara atau perawatan, seperti halnya perangkat keras/Hardware yang juga perlu dirawat. Berikut adalah beberapa tips yang perlu Kamu lakukan untuk mempercepat kinerja Windows Kamu,

Pertama, Install Software yang dibutuhkan

Dengan menginstall Software yang dibutuhkan setidaknya akan mengurangi beban muatan pada Harddisk Kamu, dan cara ini juga cocok untuk menghemat pemakaian Memory atau RAM. Karena meskipun Aplikasi/Software tidak berjalan, namun service Software tersebut akan tetapa berjalan pada Background. Untuk Membuktikan silahkan Kamu lihat pada bagian Service di Task Manager.

Kedua, optimalkan kinerja Harddisk

Pengoptimalan Harddisk yaitu dengan cara defrag, sekilas tentang defrag sudah saya jelaskan maksud dan cara penggunaanya pada Pos sebelumnya. Cara Defrag Harddisk dengan Aplikasi Bawaan Windows

Ketiga, kelola Aplikasi yang berjalan pada Startup

Untuk mengelola beberapa Aplikasi yang berjalan pada saat Startup kamu dapat membuka “msconfig.exe” dengan mencari pada kolom pencarian lalu pilih pada Tab “Startup”. Jika Kamu menggunakan Windows 8.1 dapat juga membuka melalui “Task Manager”. Nonaktifkan beberapa Startup yang dirasa tidak perlu.

Keempat, non aktifkan beberapa fitur Windows

Kamu juga dapat menonaktifkan beberapa fitur Windows yang Kamu sendiri tidak sering menggunakannya. Sebagai contoh Kamu dapat menonaktifkan fitur Aero Peek, Animated dan lain sebagainya untuk mendapat performa yang maksimal pada Windows Kamu.

Dengan catatan : Kecepatan kinerja pada Windows juga bergantung dengan spesifikasi hardware Kamu, sebagai contoh Kamu masih menggunakan Memory/RAM DDR2 tentu akan berbeda hasil performanya dengan yang menggunakan memory/RAM DDR3.

Share :