Berbeda dengan Intel yang fokus terhadap processor, saingannnya AMD lebih cenderung memusatkan product mereka pada VGA Card. Diantara VGA Card buatan AMD ada dua VGA Card yang merupakan kelas High-End, yaitu AMD Radeon R9-Nano dan AMD Radeon R9-Fury series. Kedua VGA tersebut sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang begitu signifikan. VGA Card terbaru dari AMD tersebut memiliki Architecture yang sama yaitu 28nm. Sebagai acuan Architecture yang nominalnya lebih sedikit merupakan versi teranyar dan pastinya dengan teknologi yang lebih baik dari yang nominal besar. Kenapa bisa begitu…? Untuk info lebih lanjut Kamu bisa membacanya disini.

Tidak hanya sama pada architecture, Radeon R9-Nano dan AMD Radeon R9-Fury juga mempunyai beberapa persamaan yaitu diantaranya :

  • Support hingga DirectX 12 dan Open GL 4.5
  • Mendukung resolusi layar hingga 4K
  • Support hingga 4 Crossfire
  • Memory bandwitch sama yaitu 512 GB/s
  • Mendukung hingga 6 display sekaligus

Selain persamaan, tentu keduanya juga memiliki perbedaan, perbedaannya antara lain :

  • Power Consumtion atau konsumsi daya yang berbeda, pada R9-Fury diperlukan power 2 X 8 pin power dari PSU
  • GPU clock speed pada R9-Fury pada X series lebih tinggi yaitu Up to 1050 MHz, sedangkan pada R9-Nano hanya Up to 1000 MHz

Berdassarkan dari perbedaan kedua VGA Card tersebut, jelas R9-Fury lebih unggul dibandingkan R9-Nano, namun jika Kamu memperhatikan daya konsumsi listrik yang lebih irit, R9-nano dapat menjadi pilihan yang tepat karena hanya membutuhkan power 1 X 8 pin saja. Meskipun sedikit irit daya listrik ketimbang R9-Fury, R9-Nano tentunya masih sangat mampu untuk sekedar menjalankan game berat sekalipun. Hmmm, lantas bagaimana pendapat kamu tentang kedua VGA Card terbaru dari AMD tersebut…?

Share :